Tetap Sehat di Musim Hujan (1)

cerita sehatku Uncategorized

-->

tips sehat di musim hujan percil

Halo Ayah dan Bunda…

Musim hujan begini, sudah mulai batuk pilek belum? Semoga tidak ya.. Memang sih, dua penyakit itu bisa dibilang penyakit langganan bawaan si hujan. Apalagi anak-anak, gampang banget kenanya. Kakaknya kena, adiknya ikut kena. Kalaupun di rumah aman, tidak menutup kemungkinan akan tertular dari teman di sekolah. Pasti tidak mau kan kalau sampai si kecil jadi sakit. Seperti biasa, dicegah yuk!

Berikut ini ada 10 tips mudah untuk mencegah agar si kecil tetap sehat selama musim hujan.

  1. Minum air putih hangat saat bangun tidur dan sarapan.

Ketika musim hujan, suhu udara di malam hari cenderung dingin. Minum minuman hangat saat bangun tidur dan sarapan, bisa membantu menghangatkan tubuh. Sehingga membantu aliran darah semakin lancar.

  1. Berjemur di pagi hari   (jam 8-9) saat matahari cerah.

Ketika matahari pagi cerah, manfaatkan sinarnya untuk menghangatkan tubuh. Badan yang hangat membantu melancarkan aliran darah. Selain itu, simar matahari pagi mengandung vitamin D yang membantu pertumbuhan tulang, membantu tubuh menyerap kalsium, membunuh bakteri, virus, dan jamur. Tidak perlu lama, dengan 5-15 menit sudah cukup. Dengan 5 menit saja, ada sekitar 400 unit vitamin D yang terserap dalam tubuh.

  1. Selalu sediakan air putih di tas bawaan.

Di dalam rongga hidung, terdapat lendir. Lendir ini berfungsi untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Air putih, terutama yang hangat, dapat membantu mengencerkan lendir di hidung. Lendir yang bercampur bakteri dan virus, biasa kita kenal dengan ingus. Semakin keruh warna ingus, artinya kuman di hidung semakin banyak yang terbunuh. Tetapi ketika hidung berair, tiba-tiba banyak, jangan khawatir, ini merupakan salah satu cara tubuh untuk menghalau si kuman-kuman nakal.

  1. Tetap mengonsumsi sayuran dan buah.

Sayuran dan buah banyak mengandung vitamin C dan mineral yang membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh. Buah identik dengan makanan yang dikonsumsi saat udara panas. Buah yang di jus dengan es batu, sangat enak diminum saat udara panas. Tetapi jarang dikonsumsi saat udara dingin, dengan alasan jus tanpa es kurang enak. Padahal, jus buah tanpa es pun, tetap enak lo Ayah dan Bunda. Begitu juga dengan sayuran, pemilihan olahan sayuran dalam bentuh sup hangat, sangat disarankan ketika musim penghujan seperti sekarang.

  1. Gunakan pakaian hangat.

Pakaian hangat saat musim hujan penting agar tubuh tidak kedinginan. Penggunaan jaket, sweater, atau baju tebal sangat membantu ananda agar tidak terserang penyakit saat musim hujan. Minimal, gunakan dua lapis pakaian jika si kecil tidak mau pakai pakaian tebal. Misalnya, kaos lengan panjang yang dikombinasikan dengan rompi kutung, atau kaos lengan pendek yang dikombinasikan dengan cardikan lengan panjang. Sehat dan tetap stylish kan..

artikel selanjutnya…