Tetap Sehat di Musim Hujan (2)

cerita sehatku Uncategorized

-->

artikel sebelumnya…

 

6. Hindarkan minum es meskipun matahari sedang terik, apalagi ketika sudah ada tanda flu dan batuk.

Air es memang bukan penyebab langsung si kecil terserang flu dan batuk, karena kembali lagi pada tingkat kekebalan tubuh masing-masing. Tetapi lebih baik dihindari. Pembuluh darah mempunyai kemampuan vasokonstriksi (mengecil/mengkerut) dan vasodilatasi (melebar). Ketika si kecil minum es, suhu dingin dari es akan mengenai rongga hidung dan tenggorokan. Ketika dingin, pembuluh darah di hidung alirannya terganggu sehingga mengalami pembendungan. Akibatnya selaput dinding hidung membesar dan mengeluarka lebih banyak cairan/lendir. Hal serupa terjadi di tenggorokan. Jika si kecil sudah mulai nampak gejala flu dan batuk, ini bisa memperparah.

7. Sediakan minyak kayu putih atau minyak telon, usapkan pada telapak tangan, badan, dan telapak kaki ketika udara tiba-tiba dingin.

Menjaga badan tetap hangat, membantu tubuh melancarkan sirkulasi atau aliran darah di tepi tubuh, terutama di bawah kulit. Sirkulasi darah yang lancar, membantu meningkatkan imunitas tubuh. Badan yang hangat juga membuat si kecil lebih nyaman.

8. Selalu bawa payung dan jas hujan saat keluar rumah.

Datangnya hujan tidak bisa diprediksi. Oleh karenanya, selalu sediakan paying dan jas hujan ya Ayah dan Bunda. Agar ketika si hujan tiba-tiba datang, kita sudah siap menahan mereka.

9. Tetap beraktifitas fisik di dalam rumah.

Hujan dan udaranya yang dingin, seringkali membuat malas bergerak. Bahasa jaman now-nya “mager” alias malas gerak. Inginnya berselimut di kasur yang hangat. Apalagi kalau sudah ditemani gadget. Lengkap sudah. Padahal ini tidak baik juga untuk membuat badan tetap sehat. Mengajak anak membersihkan rumah, merapikan mainan, atau senam ringan, bisa dikerjakan di dalam rumah agar si kecil tetap beraktifitas fisik.

10. Lakukan 3M++ untuk mencegah sarang nyamuk.

Siapa sih yang mau kena gigitan si nyamuk? Pasti tidak ada yang mau. Apalagi kalau si nyamuk membawa kuman, DBD, Demam Dengue. Aduuh, jangan sampai deh. Apalagi kalau sampai di-opname. Oleh karenanya, kebersihan lingkungan berperan penting dalam menjaga kesehatan kita. Lakukan 3M++ agar sarang kuman enyah dari rumah kita dan lingkungan sekitar.

 

selamat mencoba ya Ayah dan Bunda…

 

artikel sebelumnya…